Makanan Kelinci

Makanan kelinci di habitat aslinya adalah rerumputan, hijauan, atau biji-bijian. Akan tetapi, jika Anda berminat memelihara kelinci di rumah, Anda bisa memberi makan kelinci dengan makanan lain seperti buah, sayur, atau pelet kelinci.

Beberapa pakan kelinci memiliki nutrisi lebih banyak dibanding jenis pakan yang lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berikan variasi untuk pakan kelinci kesayangan Anda supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Berikut beberapa jenis makanan untuk kelinci:

Rumput atau Hay

Rumput merupakan salah satu makanan pokok bagi kelinci. Banyak sekali jenis rumput yang dapat dimanfaatkan untuk memberi makan kelinci seperti rumput teki, rumput gajah dan lain-lain.

Sedangkan hay berasal dari jerami atau rumput yang telah dikeringkan. Hay berasal dari rumput alfafa atau timothy.

Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan favorit dari kelinci. Di dalam wortel terkandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memberi makan kelinci dengan wortel yang muda agar nafsu makan kelinci meningkat.

Fungsi wortel antara lain adalah untuk melancarkan pencernaan, mengontrol kadar kolesterol, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker dan mengatasi serta mencegah penyakit jantung

Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi baik saat kondisi mentah atau pun matang. Kini selada tidak hanya bisa dikonsumsi manusia saja, melainkan juga sangat disukai kelinci.

Kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi menjadikan selada sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu makanan kelinci.

Kubis

Kubis juga merupakan salah satu makanan favorit kelinci. Anda dapat memberinya kubis putih maupun ungu. Anda dianjurkan untuk memberikan kubis yang fresh agar tetap segar saat dikonsumsi.

Pelet khusus kelinci

Pelet merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat khusus untuk makanan kelinci. Fungsi pelet sangat vital, yaitu membantu penyembuhan dan meningkatkan berat badan.

Meski pelet merupakan salah satu alternatif makanan kelinci, namun kelinci tetap harus diberikan makanan tambahan lainnya seperti sayur-sayuran dan buah yang cukup agar nilai gizinya seimbang.

Terlalu banyak memberikan pelet kepada kelinci juga tidak bagus karena beberapa alasan seperti tekstur pelet kurang sesuai dengan sistem pencernaan pada hewan kelinci, kualitasnya kurang terjamin dan menggunakan pelet berlebih menyebabkan kelinci mengalami mencret lalu terkena dehidrasi bahkan sampai menyebabkan kematian.

Kangkung

Kangkung juga merupakan salah satu makanan kelinci yang bagus untuk menunjang kesehatannya. Alangkah baiknya jika Anda memberikan kangkung seminggu satu kali agar kebutuhan gizinya tercukupi dengan dilengkapi mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan kesukaan kelinci. Di antara banyak jenis makanan favorit kelinci, maka sayuran ini terkenal karena mahal harganya.

Namun, yang harus Anda ketahui adalah brokoli banyak mengandung vitamin dan senyawa yang bagus untuk memelihara kesehatan kelinci.

Beberapa contoh senyawa yang terkandung di dalam brokoli antara lain adalah glucoraphanin, vitamin A, kalium, vitamin E, magnesium, vitamin B6, vitamin C dan serat yang tinggi. Brokoli ini sangat dianjurkan untuk diberikan kepada kelinci.

Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan C. Oleh karena itu, tomat sangat bagus untuk diberikan kepada kelinci, terutama bagi para kelinci yang mengalami sembelit. Penggunaannya pun sangat mudah, yaitu diberikan setiap 2 minggu sekali.

Seledri

Selain digunakan untuk mengharumkan makanan, seledri juga dapat dijadikan makanan kelinci sebagai bahan campuran pakan.

Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung banyak mineral dan vitamin yang bagus untuk menunjang kesehatan kelinci. Antara lain adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, lemak, besi, kalsium dan fosfor. Selain itu, daun pepaya juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kelinci yang cacingan.

Daun Lobak

Daun lobak juga merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh kelinci meskipun hanya bagian daunnya saja karena buah lobak rasanya pahit. Namun, Anda jangan khawatir karena ternyata daun seledri dapat berfungsi sebagai pelindung antibody pada tubuh kelinci.

Ubi Jalar

Ubi jalar ternyata selain dikonsumsi oleh manusia juga menjadi makanan bagi kelinci. Hal ini dikarenakan ubi jalar kaya akan kalori dan serat, vitamin dan mineral yang tinggi. Fungsi ubi jalar antara lain dapat menyerap lemak dan kolesterol pada kelinci.

Selain itu, dengan mengkonsumsi ubi jalar dapat menghindari terkena penyakit sembelit sehingga kelinci akan semakin mudah saat buang air besar. Pemberian ubi jalar kepada kelinci yang dianjurkan adalah setiap 1 minggu sekali.

Biji-bijian

Jenis biji-bijian yang sangat bagus untuk sumber nutrisi bagi kelinci antara lain adalah biji bunga matahari, jagung, padi, kacang – kacangan kedelai dan lain-lain.

Cara memberikan pakan biji-bijian pada kelinci yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Jumlah maksimal pemberian biji-bijian kepada seekor kelinci adalah 200-300 gram per hari.

Buah-buahan

Buah-buahan sangat bagus untuk membantu kelinci dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu kriteria buah yang bagus untuk kelinci adalah buah yang kaya akan serat. Buah-buahan tersebut antara lain adalah anggur, pisang, pear, strowberi, nanas, dan lain-lain.

Cara memberikan makanan berupa buah kepada kelinci, dianjurkan untuk memotongnya kecil-kecil agar memudahkan proses pencernaan makanan pada lambung. Buah yang diberikan alangkah baiknya jika buah masih segar.

Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang bagus untuk diberikan kepada kelinci. Hal ini dikarenakan baik apel merah maupun apel hijau banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan kelinci.

Pepaya

Tidak hanya daunnya saja yang dapat menjadi sumber nutrisi pada kelinci, melainkan buahnya juga bagus untuk dikonsumsi kelinci.

Melon

Ada dua macam melon yaitu melon kuning dan hijau. Cara memberikannya kepada kelinci adalah dengan dipotong kecil-kecil lalu dihaluskan.

Beberapa macam makanan di atas sangat bagus untuk dikonsumsi oleh kelinci dan sangat menunjang kebutuhan nutrisi untuk kesehatan kelinci. Dengan catatan bahwa komposisi makanan yang diberikan seimbang.

Leave a Comment