Kelinci Rex

Kelinci rex merupakan salah satu jenis kelinci yang berasal dari Perancis dan mulai dikenal pada tahun 1919. Pada mulanya kelinci ini adalah keturunan kelinci liar yang dibudidayakan oleh seorang petani dan mulai dikenal dan dipelihara banyak orang hingga terkenal di Eropa.

Hal yang menjadi daya tarik seseorang untuk membeli kelinci rex adalah karena tampilan bulunya yang cantik dan menggemaskan sehingga banyak yang memeliharanya. Selain itu, kelinci ini memiliki harga yang terjangkau dan mudah dirawat.

Bulunya yang lembut dan seperti beludru menyebabkan kelinci ini banyak yang menyukainya dan memanfaatkannya sebagai bahan baju, syal, jaket, atau jas.

Ciri kelinci rex

Ciri-ciri kelinci rex adalah sebagai berikut:

  • Memiliki bobot 3,6-5 kg untuk kelinci yang berukuran standar. Sedangkan untuk kelinci yang berukuran mini memiliki bobot antara 1,4-2 kg.
  • Bulunya halus dan mirip dengan beludru sehingga sering disebut kelinci karpet dengan warna beludru kemerahan
  • Kelinci ini bulunya pendek
  • Telinga kelinci rex lebar dan tegak
  • Memiliki banyak variasi warna yaitu hitam, putih, biru, merah dan ada juga yang kombinasi 3 warna.

Jenis-jenis kelinci rex

Kelinci rex sendiri memiliki beberapa jenis lagi, di antaranya adalah:

1. Kelinci Rex Standar

Kelinci rex standar pada umumnya banyak digunakan untuk dikonsumsi dagingnya. Selain itu, kulit dari kelinci ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian. Banyak sekali orang yang membudidayakan karena dagingnya dan kulitnya yang menjadi bahan dasar pakaian.

2. Kelinci Rex mini

Banyak dari mereka yang memelihara kelinci jenis rex mini. Hal ini dikarenakan bulu kelinci ini memiliki bulu yang unik dan menarik. Disebut kelinci rex mini karena kelinci jenis ini memiliki berat antara 1,4 hingga 2 kg.

3. Kelinci rex carpet

Kelinci rex carpet ini merupakan salah satu kelinci rex termahal jika dibandingkan dengan jenis kelinci rex lainnya. Hal yang membuat istimewa dan mahal harganya adalah kelinci rex carpet ini selain dapat dimanfaatkan dagingnya juga dapat digunakan sebagai indukan terbaik.

Kelinci ini juga dapat memberikan keturunan yang berkualitas dengan tubuh besar dan bulu yang halus sehingga mempercantik dan menambah daya tarik dari kelinci ini. Harga yang ditetapkan untuk seekor kelinci rex carpet adalah Rp. 4.000.000,00.

Harga kelinci rex

Harga anakan kelinci sangat bervariasi. Harga kelinci rex ditentukan berdasarkan usia dari masing-masing kelinci.

Untuk kelinci dengan umur 1-3 bulan maka harga kelinci berkisar antara Rp. 50.000,00 hingga 300.000,00.

Sedangkan untuk kelinci yang berusia lebih dari 3 bulan harganya berkisar antara Rp. 300.000,00 hingga Rp. 4.000.000,00.

Cara merawat kelinci rex

Kelinci rex dianjurkan untuk diletakkan pada tempat yang dekat sumber air, jauh dari rumah dan asap serta tempatkan pada lokasi yang jauh dari predator. Kandang yang dibuat bersuhu 21°C. Mendesain kandang dengan memisahkan kelinci berdasarkan usianya.

Sementara itu, kandang kelinci harus Anda desain senyaman mungkin untuk tempat tinggal kelinci. Fasilitas yang harus disediakan antara lain adalah tempat minum, tempat makan, tempat kotoran dan lain-lain.

Salah satu kelebihan dari kelinci rex ini adalah memiliki bulu yang tebal jika dirawat di tempat yang bersuhu rendah. Anda dapat menyisir bulunya yang kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, meski harganya mahal peminat kelinci rex sangat banyak.

Berdasarkan deskripsi ciri fisik dan perawatannya maka Anda dianjurkan untuk memelihara jenis kelinci rex. Hal ini dikarenakan kelinci tersebut ramah dan mudah perawatannya bahkan juga banyak yang menyukainya dan menjadikannya sebagai kelinci hias.

Leave a Comment