Kelinci Anggora

Kelinci anggora berasal dari Ankara, Turki. Kelinci jenis ini juga banyak dijumpai di beberapa negara seperti Amerika dan Eropa. Bulunya yang panjang menjadikan banyak orang yang tertarik untuk memelihara jenis kelinci anggora.

Ada yang memanfaatkannya sebagai hewan hias, namun ada pula yang membudidayakan untuk diambil bulunya sebagai bahan pakaian.

Ciri Kelinci Anggora

Ciri-ciri kelinci anggora antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bulunya tebal
  • Matanya dihiasi dengan bulu yang tipis sehingga menjadi terlihat cantik
  • Telinganya panjang dan lebar
  • Berkembang biak dengan cara vivipar atau beranak

Jenis & Harga Kelinci Anggora

Berikut ini adalah beberapa jenis kelinci anggora yang harus Anda ketahui:

Anggora Inggris

Anggora Inggris merupakan salah satu jenis kelinci yang sangat populer untuk dipelihara. Ciri-ciri kelinci Anggora Inggris adalah memiliki bulu yang lebih panjang dibandingkan dengan kelinci anggora jenis lainnya, bulunya tebal, telinga berbentuk tegak dan jinak. Mata dan telinga tertutup oleh bulu.

Anggora Perancis

Pada kelinci jenis ini ukurannya lebih kecil dengan bulu paling dominan tumbuh pada bagian dada. Selain itu, juga terdapat rumbai pada bagian belakang kakinya. Pada jenis ini mata dan telinga dapat terlihat dengan jelas.

Anggora Giant

Ciri khas dari kelinci Anggora Giant adalah matanya putih dan berkilau, bulunya putih, sangat lebat dan panjang. Pada umumnya jenis kelinci ini bulunya banyak digunakan untuk membuat wool.

Anggora Jerman

Kelinci Anggora Jerman banyak dijumpai di Amerika Serikat dan Kanada. Ciri khas dari kelinci ini adalah memiliki bulu yang panjang dan sangat lebat. Pada umumnya banyak juga yang memelihara kelinci tersebut untuk keperluan membuat wool.

Harga dari kelinci Anggora bervariasi tergantung pada usia dan jenis masing-masing kelinci. Tentunya semakin besar ukuran kelinci maka semakin mahal juga harganya.

Kondisi fisik dan kesehatan dari kelinci juga menjadi salah satu ukuran dalam menentukan harga.

Berikut adalah rinciannya:

Harga Kelinci Anggora Inggris

Kelinci Anggora Inggris yang berusia 1-3 bulan harganya mencapai 600 ribu, sedangkan untuk kelinci dengan umur 4 bulan ke atas sudah mencapai 2 juta rupiah.

Harga Kelinci Anggora Prancis

Harga kelinci Prancis di usia 1-3 bulan adalah berkisar antara 200 ribu rupiah. Sedangkan untuk usia di atas 4 bulan mencapai 500 ribu.

Harga Kelinci Anggora Giant

Harga kelinci jenis ini sangat fantastis, yaitu untuk kelinci berumur 1- 3 bulan mencapai 300 ribu rupiah, sedangkan untuk kelinci berumur 4 bulan ke atas mencapai 1-2 juta rupiah. Harga ini termasuk mahal karena kelinci jenis ini tidak mudah untuk ditemui.

Harga Kelinci Anggora Jerman

Untuk kelinci yang masih kecil yaitu berumur 1-3 bulan maka harganya mencapai 400 ribu. Sedangkan untuk Anggora yang berusia diatas 4 bulan harga kelinci tersebut lebih mahal, yaitu 700 ribu rupiah.

Cara merawat kelinci anggora

Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat kelinci yang baik dan benar:

Menyiapkan kandang bagi kelinci

Hal ini sangatlah penting karena hewan pun juga membutuhkan rumah untuk berteduh dan beristirahat. Baca: cara membuat kandang kelinci.

Mengisi kandang dengan jerami

Tujuan dari memberikan jerami adalah untuk alas dan menjaga kelembaban kandang agar tidak muncul jamur.

Menyiapkan litter box

Fungsi litter box adalah sebagai tempat kotoran

Membersihkan kandang kelinci secara rutin

Menyediakan tempat bermain yang berasal dari kayu atau kardus. Hal ini dikarenakan sifat kelinci yang suka menggigit barang seperti kardus atau kayu

Menyiapkan makanan dan minuman untuk kelinci agar cepat tumbuh menjadi besar.

Leave a Comment