Cara Merawat Kelinci

Bagi Anda yang memelihara kelinci, merawat kelinci tentu sudah seperti makanan sehari-hari.

Namun bagi Anda yang baru mulai atau baru ingin memelihara kelinci, ada baiknya mengetahui bagaimana cara merawat kelinci agar tidak mudah stress ataupun sakit sebelum mulai memeliharanya.

Berikut adalah cara merawat kelinci yang baik:

1. Menyediakan kandang yang aman dan nyaman

Lalu setelah itu, Anda dapat membuat kandang kelinci yang ideal untuk tempat tinggal kelinci yang pada umumnya agak luas. Alas dari kandang menggunakan beberapa bahan seperti jerami dan beberapa lembar kayu. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban pada kandang kelinci.

2. Menyediakan box kotoran

Anda dapat melatih kelinci untuk membuang kotoran di wadah kotoran yang telah Anda sediakan di pojok kandang. Kelinci domestik umumnya dapat dilatih untuk membuang kotoran pada tempat yang telah disediakan layaknya kucing.

Kelinci yang telah mandiri untuk membuang kotoran pada tempatnya tentu akan mempermudah kita dalam merawat kelinci.

3. Menyediakan tempat persembunyian

Fungsinya adalah untuk tempat persembunyian kelinci dari binatang lainnya yang dapat mencelakakan kelinci. Dengan catatan ruang bersembunyi harus luas agar kelinci dapat nyaman saat bersembunyi sehingga ruang geraknya juga luas.

4. Membuatkan mainan

Mainan untuk kelinci dapat Anda buat menggunakan kardus. Hal ini berfungsi sebagai tempat bermain karena salah satu kebiasaan kelinci adalah menggigit sehingga disebut juga sebagai hewan pengerat.

5. Menyediakan makanan dan minuman

Jenis makanan kelinci yang bagus untuk diberikan ke kelinci adalah rumput jerami. Selain itu, beberapa jenis rumput yang bagus untuk nutrisi kelinci adalah rumput timothy, oat, dan brome.

Untuk kelinci yang masih dalam proses pertumbuhan dan sedang hamil maka Anda harus memberikan makanan yang lebih banyak. Caranya dengan menyediakan jerami alfalfa dan pelet. Pelet kaya akan protein dan serat yang bagus sebagai sumber nutrisi dan kesehatan kelinci.

6. Kelinci adalah herbivora

Kelinci merupakan hewan herbivora yang banyak memakan rumput. Namun, kelinci juga sangat menyukai wortel sebagai salah satu makanan favoritnya. Namun pemberiannya dianjurkan untuk sesekali saja, mengapa? Hal ini dikarenakan kandungan gula pada wortel tinggi.

Kelinci juga sangat bagus untuk diberi makan sayur-sayuran seperti sawi, lobak, selada, seledri, dan lain-lain. Sedangkan buah yang bagus untuk kelinci antara lain adalah apel., blueberry, stroberi, pisang, dan lain-lain.

Menyediakan air bersih untuk sumber minuman bagi kelinci. Caranya adalah dengan menggunakan mangkok atau botol. Anda dapat memberikan air secara rutin agar dapat mencegah kontaminasi.

7. Ajak berolahraga dan bermain

Sebelum Anda memegang kelinci, alangkah baiknya jika Anda memperkenalkan diri secara perlahan agar kelinci tidak takut. Caranya adalah Anda ajak kelinci untuk berbicara lalu baru Anda dekati.

8. Membiarkan kelinci di luar 6 hingga 8 jam

Anda dapat mengajak kelinci Anda untuk bermain di luar setelah Anda dan kelinci saling mengenal. Anda tetap harus mengawasi agar kelincinya terhindar dari predartor.

Permainan yang disukai oleh kelinci antara lain adalah menggigit kardus, buku, dan bermain menggunakan bola atau boneka mainan.

Tips Menjaga Kesehatan Kelinci

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat dan menjaga kesehatan kelinci, yaitu:

1. Membersihkan kandang secara rutin

Kandang kelinci yang tidak dibersikan akan menjadi kotor sehingga rawan terkena penyakit. Untuk menjaga kandang tetap bersih caranya adalah dengan membuang jerami yang sudah kotor, lalu dicuci hingga bersih dan kering baru setelah itu masukkan jerami yang bersih.

2. Menjaga suhu pada kandang

Cara menjaga suhu kandang yang baik adalah dengan menggunakan es yang masih padat ke dalam kandang atau memasukkan kelinci di ruangan ber AC. Hal ini sangat penting karena apabila suhu terlalu panas dan tinggi bisa menyebabkan kematian.

Akan tetapi jika suhu terlalu dingin, Anda dapat memindahkan kelinci atau kandang ke dalam ruangan tertutup. Suhu yang optimal untuk pertumbuhan kelinci adalah 22° C.

3. Menyikat bulu kelinci

Salah satu cara merawat kelinci adalah dengan menyikat atau menyisir bulu kelinci secara rutin agar bulunya bersih dan terhindar dari kutu. Penyikatan bulu secara rutin juga akan menjaga bulu kelinci tetap halus dan lembut serta tidak kusut.

4. Pergi ke dokter hewan

Melakukan perawatan rutin setiap minimal satu tahun sekali ke dokter hewan adalah cara untuk mengontrol kesehatan kelinci kesayangan. Setidak-tidaknya, Anda harus dapat mengantisipasi agar kelinci tidak terkena penyakit berbahaya.

Anda dapat mempraktekkan cara merawat kelinci dengan baik dan benar sehingga kelinci Anda akan selalu nyaman dan merasa nyaman saat berada di kandang. Anda pun dapat menjadikan kelinci sebagai teman yang menyenangkan untuk bermain.

Leave a Comment