Cara Membuat Kandang Kelinci

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang tergolong sebagai herbivora. Hewan tersebut banyak dipelihara dan digemari oleh sebagian besar orang.

Keberadaan kandang harus selalu diperhatikan, oleh karena itu, di sini saya akan memberikan tips cara membuat kandang kelinci yang ideal agar kelinci Anda nyaman tinggal di kandang yang Anda siapkan.

Sebelumnya kita harus tau apa sih yang dibutuhkan kelinci?

Kandang yang dibutuhkan kelinci untuk tempat tinggal antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memilih kandang yang tepat ukurannya, biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya kelinci.
  2. Kandang kelinci mempunyai alas berupa benda yang padat.
  3. Memilih kandang yang terbuat dari kawat.
  4. Anda beri tempat untuk membuang kotoran. Hal ini Anda dapat melatih kelinci agar tidak membuang kotoran di sembarang tempat.
  5. Menyiapkan tempat makanan dan botol minum.
  6. Meletakkan kandang di ruang yang berventilasi
  7. Kelinci membutuhkan ruang bebas untuk bergerak dan bermain
  8. Kelinci membutuhkan alas yang tebal. Anda dapat menggunakan bahan seperti jerami, serbuk gergaji sebagai alas kandang kelinci.
  9. Box kotoran dilapisi dengan kertas dan lapisan jerami yang rutin diganti.
  10. Anda juga harus menyediakan makanan seperti rumput, jerami, buah – buahan, sayuran segar.
  11. Menyediakan air untuk kelinci.
  12. Menyediakan mainan untuk kelinci saat di kandang.

Kebutuhan Kandang Kelinci

Kandang yang ideal bagi kelinci antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Suhu 21°C. Anda disarankan untuk mengatur suhu kandang agar tidak panas dan terasa sejuk.
  2. Sirkulasi udara lancar sehingga kelinci dapat tumbuh dengan optimal.
  3. Kandang harus terkena sinar matahari minimal 12 jam.
  4. Kandang harus mudah untuk dibersihkan agar tidak memicu timbulnya penyakit
  5. Kandang harus dipisah antara indukan dan anakan serta untuk jenis kelamin jantan.
  6. Disarankan Anda membuat kandang di sekitar pohon agar suasananya nyaman dan sejuk.

Kandang Kelinci Indoor

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kandang kelinci hias antara lain adalah karpet, kayu, box plastik, ventilasi yang bagus karena kelinci juga membutuhkan sinar matahari dan sirkulasi yang bagus agar kandang tidak lembab.

Selain itu, kelinci juga membutuhkan tempat kotoran, tempat makan dan botol untuk minum kelinci, beberapa alat yang digunakan untuk bermain kelinci seperti bola dan lain – lain.

Cara Membuat

Anda dapat mendesain kandang kelinci sedemikian rupa agar kelinci nyaman dan betah tinggal di kandang indoor yang Anda buat. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan adalah pertama, menyiapkan alas yaitu karpet di ruangan yang akan menjadi kandang kelinci.

Kedua, Anda lengkapi kandang dengan beberapa bahan seperti tempat minum dan tempat makanan di pojok ruangan. Anda pun harus meletakkan tempat kotoran di sisi pojok lainnya. Setelah itu, Anda buatkan tempat bersembunyi kelinci yang ukurannya luas agar kelinci tetap leluasa untuk bergerak.

Ketiga, siapkan tempat untuk beristirahat kelinci. Lalu Anda juga harus membuat area bermain di kandang seperti rumah – rumahan, bola, perosotan dan lain – lain.

Keempat, Anda jangan lupa untuk membuat ventilasi udara agar menjaga suhu ruangan stabil dan tidak lembab, sehingga kelinci Anda nyaman dan betah berlama – lama di kandang.

Kandang Kelinci Outdoor

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang outdoor adalah gergaji, obeng, penggaris besi, asbes, kayu, kawat, bahan untuk atap, bambu, paku, palu dan lain – lain.

Cara Membuat

Cara membuat kandang untuk kelinci yang lokasinya outdoor antara lain sebagai berikut: Pertama, Anda siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Pertama Anda harus membuat alas yang terbuat dari bahan padat seperti kayu. Selanjutnya, Anda dapat membuat desain kerangka kandang kelinci. Pada umumnya berbentuk seperti panggung.

Kedua, setelah kerangka selesai dibuat, lalu buatlah dinding kandang. Anda dapat menggunakan kawat yang dirangkai atau Anda juga dapat menggunakan kayu sebagai dinding.

Hal – hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat kandang adalah Anda harus membuat tempat makan, botol minum di bagian pojok kandang. Selain itu, Anda juga harus menyediakan tempat kotoran.

Hal yang tidak kalah penting lagi adalah melengkapi kandang dengan mainan dan tempat untuk bersembunyi. Untuk ukuran kandang Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran kelinci. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah kandang harus luas agar kelinci bebas dalam bergerak.

Apabila Anda memilih kayu sebagai dinding kandang kelinci maka Anda disarankan untuk membuat jendela ventilasi agar suhu di dalam kandang tidak panas. Selain itu, kelinci juga membutuhkan pancaran sinar matahari yang bagus untuk kesehatan kelinci.

Kandang Kelinci dari Kardus

Dalam membuat kandang kelinci tentu Anda membutuhkan kardus yang tebal agar sedikit lebih tahan lama. Namun, Anda dianjurkan untuk menggunakannya hanya sementara saja. Kandang dari kardus disarankan hanya untuk tempat bermain saja. Mengapa? Berikut ini akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurangan kandang kelinci menggunakan kardus

Kelebihan dan Kekurangan Kandang Kelinci dari Kardus

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kandang kelinci menggunakan kardus:

  1. Cara membuatnya mudah, Anda hanya membutuhkan kardus, gunting, dan alas yang terbuat dari bahan yang padat.
  2. Biaya yang dikeluarkan murah sehingga Anda dapat menghemat biaya pembuatan kandang.

Kekurangan kandang yang berasal dari kardus antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mudah rusak karena hanya dapat digunakan sementara yaitu 3 – 4 hari saja.
  2. Kandang tidak permanen dan hanya sementara.

Leave a Comment